Wednesday, August 17, 2016

Tips Mengatasi Cemburu Dari Biro Psikologi di Yogyakarta

Beberapa client dari Biro Psikologi di Yogyakarta sering menanyakan tetang bagaimana cara untuk mengatasi rasa cemburu pada pasangannya. Cemburu merupakan kata yang cukup sederhana, tapi memiliki ikatan emosional yang sangat luar biasa. Banyak hal dapat membuat kita merasa cemburu. Meskipun rasa ini adalah hal wajar dalam setiap interaksi dan hubungan, tapi dalam beberapa keadaan, kecemburuan dapat menempatkan kita pada tindakan atau sikap yang salah. Atau dengan kata lain, cemburu kita tidak pas, berlebihan.

Kecemburuan adalah salah satu emosi yang mesti ada sekaligus dikendalikan, tapi untuk dapat mengontrolnya, kamu harus mengetahui dari mana rasa itu datang dan apa penyebabnya. Akan selalu ada pemicu dalam kehidupan yang menyebabkan hadirnya jenis emosi yang satu ini,  tetapi jika kamu memahami apa itu kecemburuan kamu akan mampu mengontrolnya dengan mudah.

Biro Psikologi di Yogyakarta

Darimana hadirnya rasa cemburu? 

Kamu tahu bagaimana rasanya cemburu. Kamu dapat mengenali rasanya, dan kemudian menamainya sebagai kecemburuan. Sesaat setelah rasa ini datang menghantam kamu, seketika kamu harus tahu bagaimana mengontrolnya, dan sedapat mungkin menghapusnya sebelum rasa itu sepenuhnya menguasai kamu. Mengapa saya merasakan ini? Apakah saya punya alasan kuat untuk merasakannya? Apakah harga diri saya merasa terancam? Jika ini berkaitan dengan harga diri, maka jelas rasa cemburu tidak akan menjadi penutup masalah. Seiring berjalannya waktu, cemburu bahkan dapat menghancurkan rasa percaya diri kamu. Inilah mengapa mengetahui cara mengatasi cemburu menjadi sangat penting.

Menganalisa Penyebab Cemburu 

Mengetahui darimana rasa cemburu berasal adalah salah satu bagian dari upaya mengatasinya. Setelah kamu tahu darimana rasa itu datang, kamu harus mencari tahu sebabnya. “Mengapa?” adalah pertanyaan selanjutnya. Misalnya, jika rasa cemburu kamu datang saat melihat pasangan kamu berbicara dengan lawan jenis (walaupun sekedar berbicara), kamu harus mencari tahu mengapa menjadi cemburu. Apakah ini berkaitan dengan hubungan di masa lalu? Apakah kamu pernah merasa terkhianati? Apakah kamu takut pengalaman yang sama terjadi kembali? Jika ini masalahnya, maka kamu harus mengetahui mengapa rasa takut itu membayangi kamu. Mungkinkah itu berkaitan dengan pengalaman saat harga diri kamu terhempas hingga kamu merasa sangat lemah? Apakah ini berkaitan dengan hadirnya rasa tidak berharga?

Sebagaimana kamu lihat, ada begitu banyak pertanyaan yang harus kamu jawab sendiri. Berarti ini berkaitan dengan upaya menganalisa diri sendiri sebelum melihat sebab dari luar. Dalam konteks positif, mengetahui berbagai jenis emosi yang hadir bersamaan dengan rasa cemburu (marah, sedih, dendam, takut, dll) juga akan memberikan masukan bagi upaya kamu untuk mengontrol kecemburuan.

Mengontrol Rasa Cemburu 

Setelah kamu memahami asal rasa cemburu beserta penyebabnya, kini saatnya untuk menentukan strategi guna mengontrol rasa itu. Waktu yang dibutuhkan bergantung pada sejumlah faktor yang berkaitan dengan alasan-alasan yang mehadirkan kecemburuan itu. Misalnya, jika benih-benih rasa cemburu hadir karena pasangan yang suka “main mata” dengan lawan jenis, maka mengakhiri kebiasaannya itu adalah cara yang lebih mudah dilakukan dibanding mengatasi rasa cemburu yang hadir karena faktor-faktor psikologis dari diri sendiri.

Seringkali, wanita saling memiliki rasa cemburu (iri) yang cukup tinggi karena masalah-masalah fisik, misalnya bentuk tubuh, kecantikan; atau faktor non fisik seperti karir, kesuksesan dalam hidup atau hubungan, dan lain-lain. Tipe kecemburuan seperti ini butuh waktu panjang untuk diatasi, sebab hadirnya rasa cemburu semacam ini pun juga bertahap, dan secara perlahan menguasai diri seseorang. Membiasakan diri mengontrol rasa cemburu akan memberikan berbagai pengalaman dan kemampuan untuk mengontrolnya dengan mudah di masa yang akan datang.

Tips Mengatasi Cemburu Dari Biro Psikologi di Yogyakarta

Menurut Biro Psikologi di Yogyakarta untuk mampu terus menjaga dan mengontrol rasa cemburu, pertimbangkan beberapa poin berikut:
  • Pahami dan terima rasa cemburu itu apa adanya.
  • Tanyakan pada diri anda sendiri dan temukan darimana rasa cemburu itu berasal.
  • Tanya pada diri sendiri apa yang memicu hadirnya rasa cemburu.
  • Buatlah perubahan-perubahan positif untuk memerangi kecemburuan berlebihan.
  • Praktekkan langkah-langkah tersebut hingga kamu terbiasa dan menjadi naluri.

Jika kamu dapat menerapkan langkah-langkah di atas dan dapat mehadirkannya saat kebutuhan untuk mengatasi rasa cemburu datang, maka kamu akan mampu mengatasi rasa cemburu dengan lebih mudah dan terarah.